Belajar Sejarah Seru Dari Daftar Obyek Wisata Sejarah Bukit Tinggi

Mungkin Anda merasa sangat bosan dan mengantuk saat mengikuti pelajaran sejarah di kelas namun Anda tidak akan merasakan perasaan yang sama ketika mengunjungi semua tempat wisata dalam daftar obyek wisata sejarah Bukit Tinggi karena mengunjungi semua tempat tersebut akan membuat Anda merasa sangat senang, tidak terasa seperti belajar.

Daftar Obyek Wisata Sejarah Bukit Tinggi

Inilah daftar tempat wisata sejarah bukit tinggi yang cocok untuk semua umur:

Rumah Kelahiran Bung Hatta

rumah-kelahiran-bung-hatta

Jika Anda sangat mengidolakan sosok dari Wakil Presiden, Bung Hatta maka Anda bisa menilik sejarah kelahiran beliau dari Rumah Kelahiran Bung Hatta yang tempatnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui bagian bawah Janjang 40 yang jadi penghubung dari Pasar Ateh. Di rumah ini, Bung Hatta dilahirkan, sempat pula menghabiskan usia mudanya hingga 11 tahun.

Lubang Jepang

lubang-jepang

Lokasinya tidak begitu jauh dari Istana Bung Hatta, Anda bisa mengunjungi Ngarai Sianok yaitu lembah yang curam yang sangat indah dan dari Ngarai Sianok lanjutkan perjalanan wisata bersejarah Anda ke Lubang Jepang, masih satu area dengan Ngarai Sianok. Dahulu, Lubang Jepang ini menjadi markas dari tentara Jepang ketika mereka menduduki Bukit tinggi namun saat ini tempat ini sudah jadi tempat wisata bersejarah yang hampir selalu ramai oleh pengunjung.

Benteng Fort de Kock

benteng-fort-de-kock

Yang masih terobsesi dengan tempat-tempat bersejarah di Bukit tinggi maka bisa melanjutkan perjalanan wisata mengunjungi Benteng Fort de Kock yang dibangun tepat di atas Bukit Jirek. Mulanya benteng ini diberi nama Sterrenschans, namun saat ini dikenal sebagai Fort de Kock sengaja diubah oleh tokoh Militer Belanda, Hendrik Merkus de Kock. Beberapa tahun setelahnya, kota yang terletak di sekitar benteng menjadi lebih berkembang, saat ini kawasan Benteng Fort de Kock telah disulap jadi Taman Kota Bukit tinggi serta Taman Burung Tropis, meskipun demikian jangan lupa masukkan tempat ini dalam daftar obyek wisata sejarah Bukit Tinggi yang hendak Anda kunjungi.

Museum Rumah Adat Baanjuang

museum-rumah-adat-baanjuang

Suka pergi ke museum? maka Anda bisa berkunjung ke museum ini, yaitu museum yang didirikan Mondelar Countrolleur, seorang Belanda tahun 1935 lalu. Museum ini merupakan sebuah bangunan unik berupa rumah tradisional. Sampai saat ini bangunan ini masih mempertahankan sisi tradisional seperti atap bangunan yang masih memakai ijuk, dinding dan lantai yang dibuat dari kayu. Koleksi dari museum ini masih bisa Anda lihat seperti numismatika, etnografika, binatang yang telah diawetkan dan masih banyak lagi. Bahkan di museum ada koleksi miniature rumah gadangnya.

Baca juga : Daftar tempat wisata di Lhokseumawe yang patut dikunjungi

Istana Bung Hatta

istana-bung-hatta-bukittinggi

Cuma berjarak beberapa langkah saja tepatnya dari depan Jam Gadang Anda bisa menemukan tempat menarik yaitu Istana Bung Hatta. Istana memang identik dengan hal-hal yang megah, namun tempat ini sangat berbeda, karena bangunan yang berdiri tampak unik dengan bangunan pertama yang berupa rumah gadang berukuran besar khas dari rumah rakyat Minang.Di bagian depan dan samping kompleks terdapat patung Bung Hatta yang dibuat utuh dengan tinggi mencapai 2 meter, sedangkan di bagian depan, bangunan patung hanya dibuat separuh badannya saja.

Belajar sejarah itu sangat menyenangkan bukan? setelah Anda mengunjungi semua tempat bersejarah dari daftar obyek wisata sejarah Bukit Tinggi maka Anda akan menyadari jika belajar sejarah itu tidak membosankan sama sekali, justru terasa sangat asyik karena Anda bisa belajar sambil bermain.

Add Comment