Berbagai Tempat Wisata di Banjarmasin

Berwisata kali ini akan mengajak Anda mengunjungi pulau terbesar di Indonesia dan menduduki peringkat ke tiga dalam daftar pulau terbesar di dunia. Pulau tersebut adalah pulau Kalimantan, pulau ini terkenal juga dengan nama Borneo.

Pulau Kalimantan ini saking luasnya sampai menjadi wilayah dari tiga negara yang berbeda. Yakni Brunei Darussalam, Malaysia dan tentu saja sebagian besar wilayahnya dimiliki oleh Indonesia. Pulau Kalimantan terbagi menjadi lima provinsi yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Namun, pada kesempatan ini hanya akan dibahas tempat wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan saja. Kota yang dihuni lebih dari enam ratus ribu orang ini, memiliki tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata lain yang ada di Indonesia.

Tempat Wisata di Banjarmasin

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi yakni Taman Maskot yang berada tepat di pusat Kota Banjarmasin. Taman Maskot ini cocok untuk mengabadikan moment Anda ketika berada di Kota Banjarmasin. Karena di Taman Maskot ini terdapat dua patung yang menjadi ikon Kota Banjarmasin. Yakni patung bekantan yang ukurannya cukup besar dan patung pohon katsuri. Anda dapat berpose di kedua patung tersebut dan mengunggahnya ke sosial media agar teman-teman Anda tahu bahwa Anda tengah berlibur di Kota Banjarmasin. Selain terdapat kedua patung tersebut, di Taman Maskot ini juga terdapat fasilitas umum yang cukup lengkap.

Tempat Wisata di Banjarmasin

Pasar terapung merupakan tempat selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Pasar terapung Muara Kuin di Sungai Barito merupakan lokasi pasar terapung yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dari namanya saja, sudah bisa dibayangkan bahwa pasar ini adalah pasar kegiatan jual belinya dilakukan diatas perahu. Namun hanya membayangkannya saja tidak cukup, Anda harus datang dan membuktikannya sendiri dengan mendatangi pasar terapung ini. Datanglah pada waktu subuh sampai jam sepuluh pagi untuk melihat pasar terapung ini. Jangan datang terlalu saat matahari mulai tinggi, karena pasar terapung sudah tidak ada di waktu tersebut. Sebaiknya Anda juga jangan hanya melihat saja, tapi cobalah berinteraksi di pasar terapung ini. Anda bisa menaiki perahu dan membeli barang-barang tertentu dari para pedagang di pasar terapung. Jika Anda lupa membawa uang yang cukup untuk berbelanja, jangan khawatir karena beberapa pedagang di pasar terapung ini masih ada yang menggunakan sistem pertukaran barang. Mungkin saja di pasar terapung ini Anda bisa menemukan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang.

Tempat Wisata di Banjarmasin

Dari ramainya pasar terapung, cobalah untuk menaiki perahu ke tengah Sungai Barito. Di tengah Sungai Barito ini, Anda akan menemukan sebuah pulau bernama Pulau Kembang. Namun berhati-hatilah saat memasuki pulau ini, karena Anda akan di sambut oleh monyet-monyet yang tinggal di pulau ini. Walaupun mereka jinak, akan tetapi monyet-monyet tersebut selalu merasa penasaran dengan barang-barang bawaan wisatawan, seperti tas yang sedang dipakai. Tak jarang monyet-monyet tersebut merebut barang-barang wisatawan secara paksa. Penghuni pulau ini bukan hanya monyet-monyet saja, ada juga berbagai jenis burung yang tinggal di pulau ini. Hal lain yang dapat Anda temukan di pulau ini adalah sebuah kuil yang cukup tua.

Acara berwisata di Kota Banjarmasin ini bisa Anda tutup dengan membeli oleh-oleh khas Banjarmasin. Cobalah datang ke Pasar Intan Martapura, di pasar ini Anda bisa membeli berbagai perhiasan yang terbuat dari batu permata yang indah. Atau Anda bisa datang ke Kampung Sasirangan untuk membeli kain batik khas Kota Banjarmasin. Orang-orang terdekat Anda pasti akan merasa senang dengan buah tangan yang Anda bawakan untuk mereka. Dan juga dengan cerita Anda mengenai liburan Kota Banjarmasin yang menyenangkan.

Tempat-tempat wisata di Kota Banjarmasin diatas semoga menjadi referensi yang tepat untuk Anda. Dan semoga liburan Anda di pulau terbesar Indonesia ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Add Comment