Serunya Jalan Jalan di Kota Pontianak

Indonesia patut berbangga hati dan bersyukur karena letak salah satu kota besar yang ada di Indonesia tepat berada di garis khatulistiwa. Mengapa hal ini patut dibanggakan? Karena hanya ada 12 negara yang berada di wilayah khatulistiwa dan hanya Indonesia saja yang memiliki kota yang berada tepat di garis khatulistiwa. Kota tersebut adalah ibu kota provinsi Kalimantan Barat yakni Kota Pontianak. Berminat jalan jalan ke kota pontianak ? Penulis akan share tempat wisata yang bisa di jadikan tempat rekreasi anda ketika jalan jalan di kota pontianak kalimantan barat.

Jika Anda sedang berada di Kota Pontianak, maka jangan lewatkan untuk berkeliling jalan jalan di kota pontianak, pertama anda bisa mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Tugu ini merupakan monumen kebanggaan warga Pontianak yang menjadi simbolisasi bahwa Kota Pontianak ini berada tepat di garis khatulistiwa. Letak Tugu Khatulistiwa ini tidak jauh dari pusat Kota Pontianak, hanya sekitar tiga kilometer saja.

Wisata di Kota Khatulistiwa

Mendatangi Tugu Khatulistiwa sekitar tanggal 21 sampai 23 Maret atau 21 sampai 23 September. Anda akan menyaksikan fenomena alam yang terjadi di sekitar Tugu Khatulistiwa ini. Fenomena alam tersebut adalah kulminasi matahari, yakni saat posisi matahari berada pas di garis khatulistiwa. Fenomena alam ini menyebabkan menghilangnya bayangan benda-benda untuk beberapa saat. Sungguh fenomena alam yang unik dan tidak akan pernah Anda dapatkan di tempat lain selain di Tugu Khatulistiwa ini.

Dari hangatnya cahaya matahari khatulistiwa, beralih ke wisata air. Tempat wisata di kota pontianak selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di Kota Pontianak ini yakni Taman Alun-alun Kapuas. Tempat wisata yang satu ini lokasinya sangatlah strategis karena berada di pusat Kota Pontianak. Yaitu di seberang kantor dinas Walikota Pontianak dan tentu saja tepat berada di dekat Sungai Kapuas. Anda dapat melakukan wisata air di Sungai Kapuas. jalan jalan di kota pontianak menikmati pemandangan alam dan pemandangan Kota Pontianak di sekitaran Sungai Kapuas ini.

Wisata di Kota Khatulistiwa B

Di Taman Alun-alun Kapuas sendiri, biasanya selalu diadakan acara hiburan atau kebudayaan pada event-event tertentu. Di Taman Alun-alun Kapuas ini, Anda bisa mencoba berbagai kuliner khas Pontianak yang ditawarkan oleh pedagang yang berjualan disekitar Taman Alun-alun Kapuas ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Alun-alun Kapuas ini adalah pada malam hari karena Anda akan disuguhkan pertunjukan air mancur yang berwarna-warni oleh cahaya lampu.

Wisata di Kota Khatulistiwa

Selain itu, di Kota Pontianak Anda bisa melakukan wisata sejarah dengan mengunjungi Museum Kalimantan Barat. Di museum ini Anda dapat mengenal lebih jauh kebudayaan Kalimantan Barat melalui koleksi artefak , benda-benda peninggalan dari kerajaan yang ada di Kalimantan Barat, berbagai benda kerajinan dan seni dari Suku Dayak. Terdapat pula koleksi keramik Cina yang di pamerkan di museum ini. Pastikan Anda tidak datang pada hari senin, karena hari senin merupakan jadwal tutup museum ini.

Wisata di Kota Khatulistiwa

Jika jalan jalan di Kota Pontianak atau sering orang menyebutnya kota khatulistiwa tidak lengkap rasanya kalau belum membeli oleh-oleh khas Kota Pontianak. Untuk membeli oleh-oleh khas Kota Pontianak, Anda bisa mendatangi Aloe Vera Center yang berada di utara Kota Pontianak. Di Aloe Center ini Anda dapat melihat perkebunan lidah buaya yang memiliki ukuran sangat besar. Di samping itu, Anda dapat pula melihat proses pengolahan lidah buaya menjadi beragam produk mulai dari makanan sampai produk kecantikan. Aneka produk olahan dari lidah buaya tersebut bisa Anda jadikan oleh-oleh. Anda juga bisa membeli lempok durian, yakni makanan sejenis dodol namun terbuat dari daging durian asli. Rasa dari lempok durian ini sangat manis dan legit. Jika berkunjung ke pontianak di bulan Ramadhan jangan lupa untuk membeli sotong pangkong sebagai oleh-oleh.

Itulah daftar tempat jalan jalan di pontianak yang asyik dikunjungi, serta makanan khas pontianak yang bisa anda jadikan buah tangan ketika sepulangnya dari kota pontianak.

Add Comment