Wisata Curug Lawe dan Curug Benowo di Semarang

By | April 18, 2014

Semarang mempunyai wisata curug (air terjun) yang sangat memukau, yaitu curug Lawe dan curug Benowo. Curug ini berada di desa Kalisidi, tepatnya di Ungaran Barat, Semarang. Lokasinya berada di wilayah perhutani KPH Kedu Utara. Anda yang suka petualangan, wisata ke curug Lawe – Benowo tidak akan mengecewakan. Tidak mudah untuk sampai tempat ini. Ketika memutuskan melakukan perjalanan ke sini anda harus bersiap dengan stamina yang cukup karena jalan menuju curug Lawe dan Benowo melewati jalan setapak yang datar dan sedikit tanjakan.

Kondisi jalan dan medannya untuk menuju tempat ini dibutuhkan kehati-hatian juga nyali. Tempat wisata ini menjaga ekosistem, pengairan, dan alam. Dan karena kondisinya yang belum mengalami pembangunan penuh, petugas selalu memantau dengan cara jika pengunjung lebih dari 200 orang, pengelola segera menutup kunjungannya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

curug lawe semarang

Sampai di curug ini anda tak akan menyesal karena perjalanan yang melewati tebing setimpal dengan keindahannya yang memukau. Air terjun yang jatuh ke permukaan terlihat seperti lawe atau serupa benang-benang putih yang jatuh dari tebing. Suasana yang hijau dan dekat dengan alam dan tumbuhan cukup bisa memanjakan dan menyegarkan mata anda.

Peta Lokasi Curug Lawe dan Curug Benowo di Semarang

Berangkat dari kota Semarang curug ini terletak sekitar 12 km, sedangkan jika dari Ungaran anda harus menempuh jarak sekitar 7 km. Sampai di alun-alun Ungaran anda bisa mengambil arah ke Mapagan (melalui jalan yang tembus ke Boja). Sampai di Boja pilih belokan ke kiri di desa Sumur Gunung. Di pertigaan Sumur Gunung teruskan ke arah selatan sampai perkebunan cengkeh Zanzibar. Setelah itu anda bisa parker kendaraan di parker yang disediakan.

Jarak antara kedua curug cukup memakan waktu sekitar 30 menit. Tapi sampai sejauh ini ada akses baru. Jalan yang dibuat menjadikan kedua curug ini lebih dekat. Jadi, ada dua jalur untuk sampai ke curug ini, yaitu jalur lama dan jalur baru. Jalur lama melewati saluran dan jembatan irigasi dengan sisi kiri yang berupa jurang yang curam. Sedangkan jalur baru melewati Sendang Pengantin. Ketika turun ke arah bendungan anda akan melewati pinggiran sungai. Kira-kira 10 menit dari bendungan, anda akan menemui dua percabangan. Ke kiri menuju curug Lawe, sedangkan ke kanan menuju Curug Benowo. Sampai saat ini, sudah ada jalan tembus yang langsung menuju dari dan ke arah kedua curug tersebut, dengan begitu anda tidak perlu kembali ke percabangan semula.

Selain curug lawe dan curug benowo di semarang, masih ada banyak tempat wisata di semarang lain dan juga wisata kuliner semarang yang ndak kalah menariknya dibanding obyek wisata yang ada di kota lain.