Wisata Religi dan Sejarah di Rembang Jawa Tengah

By | April 3, 2014

Rembang memiliki beberapa tempat wisata religi yang biasa dikunjungi oleh wisatawan. Tempat-tempat ini menarik karena di sana terdapat beberapa peninggalan tokoh-tokoh masa lampau yang kaya akan sejarah. Beberapa tempat wisata religi dan sejarah yang bisa anda kunjungi di Rembang diantaranya petilasan Sunan Bonang, Makam RA Kartini, dan Museum Kartini.

Petilasan Sunan Bonang

Dari Rembang menuju ke arah timur sejauh 17 km mengikuti jalur pantura yang menuju ke Surabaya maka anda akan sampai di Pasujudan Sunan Bonang. Pasujudan Sunan Bonang tepatnya berada di sebuah bukit di desa Bonang kecamatan Lasem kabupaten Rembang. Di atas bukit, terdapat ruangan di dalam masjid yang di dalamnya terdapat batu tapak tilas Sunan Bonang. Batu itu konon merupakan tempat pasujudan Sunan Bonang saat mendekatkan diri kepada Allah. Sampai sekarang tempat ini masih menjadi tujuan para peziarah Wali Songo. Petilasan Sunan Bonang ini berada satu komplek dengan makam Putri Cempo.

makam sunan mbonang

Beberapa peninggalan yang terdapat di sekitar lokasi ini yaitu Batu bekas tempat bersujud Sunan Bonang, bekas kediaman Sunan Bonang, Joran Pancing milik Sunan Bonang, dan makam-makam kuno lainnya.

Makam R.A Kartini

Setiap tanggal 21 April, tepatnya tanggal ketika Raden Ajeng Kartini dilahirkan banyak para wisatawan yang berziarah mendoakan. Pahlawan emansipasi wanita yang berasal dari Jepara ini dimakamkan di Bulu, Rembang. Jika ingin beziarah di makam Raden Ajeng Kartini anda bisa melakukan perjalanan dari Rembang menuju ke arah kecamatan Bulu, di sanalah Raden Ajeng Kartini dimakamkan. Letak makam RA kartini berada 17,5 km ke arah selatan dari kota Rembang. Setelah berziarah anda juga dapat menikmati beberapa makanan khas dan cindera mata yang dijual sekitar lokasi.

Museum Kartini

Selain di Jepara, di Rembang juga ada museum Kartini. Memasuki kota Rembang kemudian menuju ke arah alun-alun, di sebelah timur anda akan sampai di pendopo kabupaten Rembang. Di dalam pendopo terdapat Rumah dinas bupati Rembang. Rumah dinas ini harusnya ditempati oleh bupati tapi karena bupati dan keluarganya memilih menempati rumah pribadi rumah ini dijadikan sebagai museum. Di masa lampau rumah inilah yang menjadi tempat kartini menulis gagasan-gagasannya. Mengunjungi museum kartini di Rembang seperti berkunjung di rumah R A kartini. Di sini suasana terasa begitu dekat dengan beliau banyak benda-benda peninggalan beliau yang di pajang di museum ini.

Itulah wisata religi di rembang dan wisaja sejarah di rembang yang sampai saat ini cukup banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal yang berasal dari kota rembang dan sekitarnya, terutama ketika tanggal merah, hari libur dan hari besar keagamaan lainnya. Nikmati juga wisata kuliner khas rembang yang mempunyai citra rasa yang khas dan juga wisata pantai rembang yang ndak kalah eksotisnya ketimbang pantai-pantai lain di jawa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *